Tuesday, October 9, 2012

Tata Cara dan Waktu Sholat Dhuha

Waktu Sholat Dhuha dimulai dari pagi hari. Mulai waktu pagi pukul 07.00 s/d 11 siang hari sebelum waktu sholat dhuhur.  Tempat pelaksanaan sholat dhuha dapat dimana saja. Bisa di rumah, di masjid maupun dikantor. Yang paling penting adalah tempat, pakaian harus dalam keadaan suci dan bersih. Maksudnya suci disini adalah terjaganya pakaian terutama pada celana dari cipratan air kencing.  Lebih bagusnya lagi selalu Anda siapkan baju dan pakaian dalam pengganti jika Anda meragukan kesucian dari pakaian yang Anda kenakan.


Pengertian, Manfaat Dan Hukum Sholat Dhuha

Sholat Dhuha hukumnya sunnah, Rosulullah Muhammad SAW tidak pernah meninggalkan sholat dhuha sepanjang hidupnya, meski sholat ini tergolong sunnah dan kedudukannya bukan sunnah muakkadah tapi bagi mereka yang mengerjakan akan mendapat pahala yang sangat besar, tidak hanya balasan nanti di akhirat, tapi juga akan mendapat balasan langsung berkaitan dengan urusan dunia, maka sholat ini dapat diartikan sebagai doa membuka pintu rezeki,

Dari Rosululloh, Firman Allah SWT: “Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang ( Sholat Dhuha ) niscaya pasti akan Aku cukupkan kebutuhanmu pada akhir harinya “ (HR.Hakim dan Thabrani)

Hukum Mengerjakan Sholat Dhuha :


Abu Hurairah ra. berkata, “Kekasihku (Rasulullah saw) berwasiat kepadaku dengan tiga perkara yang tidak akan aku tinggalkan sampai aku mati; puasa tiga hari pada setiap bulan (ayyam al-bidh’), Sholat Dhuha dan sholat witir sebelum tidur.” (HR Bukhari).

Cara Melaksanakan Sholat DhuhaNiatkan dalam hati untuk Sholat Dhuha. Kemudian Takbir (Takbirotul Ihrom) seperti sholat fardlu. Pada saat anda mengucapkan 'Allahu Akbar'.
  1. Baca Do'a iftitah 
  2. Baca Fatihah 
  3. Baca Surat lain selain al-fatihah.
  4. Lakukan sebagaimana seperti sholat biasa lainnya.

Sholat ini Anda lakukan 2 rokaat. Bila Anda melakukan 4 rokaat, 6 rokaat atau 8 rokaat. Lakukan 2 rokaat salam. 2 rokaat salam.

No comments:

Post a Comment